Reaksi Ajaib, Hidrogen Peroksida (H2O2) Dan Kalium Permanganat (KMnO4)

Posted by Blog Al-Mukhtashar on Kamis, 12 Oktober 2017

Reaksi Ajaib, Hidrogen Peroksida (H2O2) Dan Kalium Permanganat (KMnO4)

Bukan Sulap Bukan Sihir, Ini Hanya Reaksi Redoks

Reaksi antara hidrogen peroksida (H2O2) dan kalium permanganat (KMnO4) berikut akan menampilkan demonstrasi menarik dari reaksi redoks..

Perhatikan, kalium permanganat yang berwarna ungu dituangkan ke dalam cairan bening hidrogen peroksida, apa yang terjadi..? Dalam sekejap cairan kalium permanganat tersebut menghilang. Simak videonya..!


Apakah KMnO4 itu benar-benar menghilang..? tentu saja tidak. Hidrogen peroksida telah mengubah kalium permanganat yang berwarna ungu menjadi cairan bening. Hal tersebut dapat terjadi karena kalium permanganat memiliki atom mangan (Mn) dengan keadaan oksidasi +7. Reaksi dengan hidrogen peroksida akan mengubah atom mangan (Mn) tersebut menjadi keadaan oksidasi +2 yang menyebabkan KMnO4 kehilangan warna ungu yang dimilikinya. Produk sampingan dari reaksi ini adalah dihasilkannya gas oksigen (O2) dan air (H2O), yang dicirikan dengan adanya gelembung-gelembung dalam reaksi campuran tersebut..

2KMnO4 + 3H2O2 → 2MnO2 + 2KOH + 3O2 + 2H2O

Hidrogen peroksida, dengan sifatnya yang demikian maka tidak heran jika H2O2 banyak digunakan sebagai bahan pemutih tekstil..

——○●※●○——

Esha Ardhie
Selasa, 11 Oktober 2016

Previous
« Prev Post

Related Posts

Oktober 12, 2017

1 komentar:

  1. Itu berapa persen kadar H2O2 nya?
    Dimana saya bisa mendapatkan KMnO4 cair?

    BalasHapus